5 Daftar Keunikan Alam Indonesia

indonesiawowbanget.web.id – 5 Daftar Keunikan Alam Indonesia, Nusantara adalah sebutan lain untuk Indonesia, Indonesia memiliki ribuan pulau dan laut yang tersebar luas , tidak sulit untuk menemukan tempat – tempat yang indah dari Indonesia, Mulai dari lautan, gunung, savana, perbukitan, laguna hingga lautnya. Semua menarik untuk dijelajahi. Dari sekian banyak tempat tersebut, lima tempat berikut ini mewakili keunikan alam Indonesia.

  • Segitiga Masalembo

Segitiga Masalembo berada di perairan Laut Jawa. Titik dari Segitiga Masalembo ini adalah Pulau Bawean, Kota Majene, dan Kepulauan Tengah. Kawasan ini dikenal sebagai kawasan angker. Bahkan, kecelakaan alat transportasi umum yang melintas di wilayah ini sudah banyak menelan korban jiwa. Lokasinya yang menjadi titik pertemuan angin ini menyebabkan terjadinya tornado ringan.

Baca juga : 5 Fakta Unik Medan

  • Pohon Taru Menyan

Jika pernah mendengar nama Desa Trunyan di Pulau Bali, pohon ini berada di kawasan desa tersebut. Meskipun hanya sebuah tanaman, Pohon Taru Menyan merupakan sebuah pohon yang dikeramatkan oleh warga sekitar. Karena tempat ini digunakan sebagai tempat meletakkan jasad penduduk lokal. Kabarnya pohon ini dapat membantu salep untuk membantu menghalau aroma tidak sedap.

  • Nyala Abadi Mrapen

Api Abadi Mrapen merupakan fenomena gas alam yang keluar dari perut bumi secara alami. Fenomena unik berada di Desa Manggarmas, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Api ini bahkan tidak mati ketika diguyur hujan. Tempat ini juga menjadi lokasi untuk beberapa peristiwa besar. Termasuk ajang olahraga internasional Ganefo pada 1 November 1963.

  • Danau Kelimutu

Keunikan alam Indonesia lainnya bisa dilihat di Flores. Generasi 90an pasti tak asing dengan Danau Kelimutu. Danau yang juga dikenal sebagai Danau Tiga Warna ini pernah menghiasi wajah uang kertas Rp5000. Bahkan tiga warna yang ada pada airnya ini juga bisa berubah. Tergantung dari gas, suhu, dan mikroba yang ada di dalamnya.

  • Kawah Ijen

Fenomena api biru yang muncul pada jam-jam tertentu di Kawah Ijen dan hanya ada pada dua tempat di seluruh dunia. Api yang berasal dari reaksi pertemuan gas bumi serta oksigen pada suhu tertentu ini hanya dapat kamu temui di Banyuwangi dan Islandia. Di Banyuwangi gunung ini menjadi daya tarik wisata yang utama. Tak hanya menjadi magnet bagi wisatawan lokal, namun juga wisatawan mancanegara