5 Fakta Unik Indonesia

indonesiawowbanget.web.id – 5 Fakta Unik Indonesia,  Negara Maritim yang memiliki 267jt jiwa ini sudah mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Akan tetapi sejarah dan kultur yang pernah ada di Indonesia tidak bisa dilupakan.

Berikut kami rangkum 5 fakta unik yang ada di Indonesia.

Baca juga : Indonesia jadi tuan rumah motogp 2021

1. Negara Maritim Terbesar di Dunia

Indonesia tercatat sebagai negara maritim terbesar di dunia. Hal ini berarti wilayah perairan NKRI menjadi yang terluas di dunia. Total wilayah perairannya mencapai lebih dari 3,2 juta km persegi. Indonesia juga memiliki garis pantai terpanjang kedua setelah Kanada.

2. Memiliki Presiden Terkorup Sedunia

Presiden Soeharto tercatat sebagai presiden paling korup sedunia. Selama 32 tahun masa pemerintahannya, Soeharto diduga melakukan korupsi hingga mencapai 35 milyar dollar Amerika. Ia akhirnya didesak turun jabatan di tahun 1998 setelah demonstrasi besar-besaran oleh kalangan mahasiswa.

3. Pemimpin yang Cacat Fisik

Tanpa maksud lain, Indonesia juga menjadi satu-satunya negara yang pernah memiliki presiden cacat fisik. Pada 1999, KH. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur resmi menjadi Presiden RI ke-4. Gus Dur menderita gangguan penglihatan hingga seringkali orang lain yang membacakan atau menuliskan surat untuknya. Selain itu Gus Dur juga menderita diabetes, gangguan ginjal, bahkan beberapa kali terserang stroke. Namun segala keterbatasan fisik tersebut tidak menghalanginya untuk menjadi presiden. Ia dikenang sebagai pahlawan kebebasan, pembela kaum minoritas dan pejuang HAM.

4. Negara Republik Pertama sebelum Indonesia

Jauh sebelum negara republik Indonesia ada, sudah ada sebuah negara republik yang pernah berdiri di tanah Indonesia. Dua abad yang lalu, sebuah negara bernama Republik Lan Fang pernah berdiri di kota Pontianak, Kalimantan Barat. Saat itu bangsa Eropa dan Cina yang lebih maju sejarah peradabannya pun masih memakai sistem Kerajaan dan Monarki. Pejabat tinggi dari Lan Fang berpakaian ala Cina kuno. Republik Lan Fang akhirnya takluk di tangan penjajah Belanda.

5. Arti Sebuah Nama Bagi Soekarno

Jika Presiden Soekarno bisa memutar balik waktu, mungkin ia akan mengubah nama tandatangannya pada naskah Proklamasi. Saat sudah menjabat sebagai Presiden, Soekarno mengubah penulisan namanya dari Soekarno menjadi Sukarno. Hal ini dikarenakan Soekarno sangat membenci ejaan “oe” yang dianggapnya warisan penjajah Belanda. Sayangnya, naskah Proklamasi tidak boleh dirubah sama sekali. Soekarno sendiri dilahirkan dengan nama Kusno Sosrodihardjo, sebelum dirubah ayahnya menjadi Soekarno karena sering sakit-sakitan saat kecil dulu. Terbukti saat menyandang nama Soekarno ia jadi makin berjaya. Namun ketika ia merubah lagi namanya menjadi Sukarno, nasibnya menjadi buruk lagi.