Astronot dilarang makan saat di luar angkasa

Astronot dilarang makan saat di luar angkasa – Semua pasti mengidamkan berprofesi sebagai astronot yang bukan keliling dunia lagi tapi menjelajah keluar antariksa. namun menjadi seorang astronot harus memiliki daya tahan tubuh yang sanggup bertahan hidup di luar angkasa, dalam waktu yang relatif lama.

Lantas, pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah, apa menu makanan para astronot untuk mempertahankan hidupnya di lingkungan yang benar-benar berbeda dengan bumi?

Ternyata,menu makanan astronot sama saja dengan menu makanan saat di bumi. Namun, ada beberapa makanan yang tak boleh mereka konsumsi saat berada di ruang angkasa.

Seperti dikutip dari laman Reader ‘s Diggest, terdapat setidaknya tujuh makanan yang dilarang di ruang angkasa.

Roti

Remah-remah dari roti, biskuit dan sejenisnya, ternyata tidak baik saat berada di ruang angkasa. Remah-remah tersebut akan melayang dan bisa terbang mengenai mata astronot serta mengganggu peralatan penting lainnya.

Oleh karena itu, tortila akan dipakai sebagai pengganti roti saat berada di luar angkasa.

Minuman bersoda

Hal unik yang terjadi pada kondisi unik tanpa gravitasi di luar angkasa adalah, “tak terjadi apa-apa”. Jika di bumi, minuman bersoda akan mengeluarkan buih, atau saat kaleng dibuka akan muncul suara berdesis, hal itu tak ada di luar angkasa.

Sejumlah astronot di era 80-90an menemukan bahwa minuman berkarbonasi akan menjadi “flat” saat berada di luar angkasa, dan -lebih parahnya, sulit tertelan saat diminum.

Garam dan merica

Tidak boleh ada serpihan sekecil apa pun di ruang angkasa. Pastikel kecil dari garam, lada atau bumbu lainnya akan mengapung, dan tidak bisa menyatu di makanan saat berada di ruang angkasa.

Baca juga :

Jadi, pesawat ruang angkasa ini memiliki persediaan garam dan lada dalam bentuk cairan infus.

Susu segar

Susu segar adalah minuman yang mudah rusak kualitasnya jika tak disimpan di lemari pendingin. Sementara itu, di ruang angkasa hanya bisa membawa bahan makanan yang membutuhkan sedikit tempat.

Jadi, makanan yang membutuhkan kulkas tak boleh dibawa. Ini telah menjadi hal pokok dalam misi ruang angkasa internasional sejak tahun 1960an.

Es krim

Karena di ruang angkasa tidak boleh membawa lemari pendingin, tentu saja es krim juga dilarang saat berada di ruang angkasa.

Meski siapa pun tak bisa membantah, es krim adalah makanan penutup yang sangat lezat.

Pizza

Meskipun tidak benar-benar dilarang di ruang angkasa, pizza adalah makanan yang sangat tidak direkomendasikan untuk para astronot. “Kalian tidak bisa mendapatkan makanan renyah. Makanan ini akan selalu lembab dan menjadi tak renyah. Itu tidak memenuhi harapan siapa pun,” ucap Vicki Kloeris.

Vicki Kloeris adalah manajer urusan makanan ruang angkasa dari The National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Alkohol

Pada tahun 1972, alkohol ada di menu untuk misi Skylab 4. Tapi, ketika publik mendapat kabar dari rencana tersebut, banyak yang mengirim surat-surat protes ke NASA, dan menolak gagasan tersebut.

“Astronot mewakili bentuk kemurnian. Begitu kalian mencemari kesucian itu dengan alkohol (beberapa orang) benar-benar kesal,” ucap ilmuwan dan astronot Edward G. Gibson.