Bukan Danau Toba, Keindahan Danau Poso

indonesiawowbanget.web.id – Bukan Danau Toba, Keindahan Danau Poso, Bila Anda pikir hanya Danau Toba lah danau terbesar dan tercantik di Indonesia, mungkin saatnya anda harus mengunjungi danau yang satu ini di Sulawesi Tengah. Hamparan birunya air danau yang luas akan membuat travelers mengucap syukur atas keindahan yang hanya bisa diciptakan oleh Tuhan ini.

Dari sekian banyak objek wisata menarik yang ada di Poso, Danau Poso masih menjadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Sulteng. Danau ini terletak di Kota Tentena Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Keisitimewaan danau ini adalah airnya yang biru, suasana yang tenang, memiliki pasir putih dan masih banyak keistimewaan lainnya.

Baca juga : Fakta Keunikan Indonesia

Hamparan air seluas 512 km persegi dengan kedalaman lebih dari 300 meter, membuat Danau Poso menjadi salah satu danau terluas di Indonesia. Selain pemandangan yang indah mengelilingi danau, udara di sekitar danau pun sejuk. Terang saja, danau ini berada di ketinggian 657 dapl. Untuk mencapainya, travelers harus berkendara selama 8 jam dari Kota Palu atau 1,5 jam dari Poso.

Air Berwarna Biru
Keindahan Danau Poso selalu membuai siapapun yang mendekatinya. Sejauh mata memandang hanyalah hamparan air berwarna biru dengan barisan pegunungan yang melatarinya. Suasana santai, tenang dan damai akan membuat travelers betah berlama-lama di tempat ini.

Uniknya, kejernihan airnya tetap terjaga meskipun saat diguyur hujan atau terjadi banjir di beberapa anak sungai yang mengalir ke danau ini. Selain itu, warna biru pada bagian tengah danau sangat indah berpadu dengan warna hijau pada pinggirannya. Terkadang bila angin bertiup kencang, hampiran air di danau akan membuat gulungan-gulungan kecil seperti ombak di laut. Aah, menakjubkan!

Tapi memang jika diperhatikan, danau ini ibarat laut kecil diantara pegunungan. Hamparan pasir putih yang terdapat di tepian danaunya mirip sekali dengan pasir yang biasa anda temukan di pantai-pantai. Tepian danau yang landai dan tidak terdapat bebatuan atau karang, memungkinkan anda untuk bisa berenang menikmati airnya yang dingin.

Hamparan Pasir
Jika sedang tidak ingin berbasahan, anda bisa bermain dengan ikan-ikan kecil yang banyak terdapat di tepian pantainya. Memancing atau sekedar menikmati hamparan pasir yang putih bisa sama mengasyikkannya. Ingin lebih seru? Jelajahi saja setiap sudut Danau Poso dengan menyewa perahu motor yang ada di terminal kapal Tentena atau ikut bersama warga yang akan menuju wilayah Peura di ujung Danau Poso.

Tak puas hanya sebentar menikmati keajaiban Tuhan ini, travelers bisa bermalam di penginapan di sekitar Danau Poso untuk menyaksikan keajaiban Tuhan lainnya disaat fajar menyingsing.