Indonesia jadi Tuan Rumah MotoGP 2021

indonesiawowbanget.web.id – MotoGP adalah sebuah ajang balapan sepeda motor bergengsi. Kabar bahagia, impian Indonesia untuk menggelar ajang balap kelas dunia MotoGP akan menjadi kenyataan

Kabar tersebut dikeluarkan oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia.

ITDC mengklaim jika mereka sudah menandatangani kontrak dengan pihak promotor MotoGP, Dorna.

Baca juga :

 

1. Mulai Dibangun Pada Oktober 2019

Menurut rencana, MotoGP Indonesia bakal masuk ke kalender balap pada musim 2021 dengan Mandalika, NTB , sebagai tuan rumah.

Ini sebenarnya bukanlah hal yang mengejutkan, mengingat Carmelo Ezpekata (Bos Dorna) telah mengunjungi lokasi itu pada akhir 2018 silam.

Rencananya arena lomba MotoGP di Mandalika akan dibangun pada Oktober 2019 dengan mengususng konsep sirkuit jalanan.

Informasi itu disampakan oleh Direktur Pengembangan ITDC, A A Ngurah Wirawan, yang juga bertanggung jawab pada pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

2. Lintasan Balap Sepanjang 4,3 Km

Menurut rencana, ITDC bakal menggandeng Vinci Construction Grands Projects asal Prancis untuk membangun lintasan balap sepanjang 4,3 Km.

Sedangkan untuk pembiayaan, mereka sudah bekerja sama dengan pihak Asia Infrastructure Investment Bank (AIIB).

3. Terget Selesai Tahun 2021

Abdulbar M.Mansoer (Direktur Utama ITDC) menargetkan jika sirkuit di Mandalika dapat digunakan untuk ajang MotoGP pada tahun 2021

4. Diharapkan Akan Mempercepat Pemulihan Lombok

Eksotik areanya sangat menarik minat wisatawan terutama para wisman (turis asing).

Selain itu, pengembangan infrastruktur pariwisata dengan penguatan sport tourism akan mempercepat pemulihan Lombok dari trauma musibah gempa yang menimpa pada tahun lalu.

“Pak Menteri kami perlu suport dan promosi yang kuat, kalau kita mau Maret 2021 MotoGP bisa di Indonesia.”