Jokowi Hadiri Pleno KTT Ke 34 Di Bangkok

Indonesiawowbanget.web.idPresiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sidang pleno ke-34 KTT ASEAN di Bangkok, Thailand. Jokowi hadir bersama beberapa pemimpin dari negara-negara ASEAN lainnya.

Jokowi tiba di lokasi sesi pleno KTT ASEAN ke-34 di The Athenee Hotel, Luxury Collection, Bangkok, Sabtu (22/6/2019) pukul 17.25 waktu setempat. PM Thailand Prayut Chan-o-cha langsung memberikan sambutan sesaat setelah para pemimpin negara ASEAN tiba di lokasi acara.

Dalam sesi pleno tersebut, Jokowi didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN (KSA) Kemenlu Jose Tavares.

Setelah pleno KTT ASEAN ke-34, malam nanti Jokowi diagendakan mengikuti Gala Dinner bersama para pemimpin dan Sekjen ASEAN yang juga dihadiri Perdana Menteri Thailand YM Prayut Chan-o-cha dan Ibu Negara Thailand, Naraporn Chan-o-cha.

Dalam KTT ASEAN ke-34 ini, Jokowi akan mendorong ASEAN tetap bersatu dan kokoh dalam menyikapi situasi dunia serta perkembangan global yang sangat dinamis saat ini. Kondisi global dinilai turut mempengaruhi kawasan Asia Tenggara.

“Salah satu upaya menyikapi situasi yang sangat dinamis ini, Presiden Jokowi akan mendorong agar negara-negara anggota ASEAN menyepakati Pandangan Bersama tentang konsep Indo-Pasifik ASEAN karena konsep ini sangat penting untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Asia Tenggara yang telah berlangsung dengan baik di tengah dinamika geopolitik yang berkembang cepat,” ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulis.

Baca juga : Wisata Berastagi Sumatera Utara

Selain itu, dalam momentum KTT ASEAN ke-34 ini, Jokowi juga akan mengingatkan komitmen terhadap penyelesaian negosiasi Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) yang penting ditingkatkan dalam merespons perkembangan ekonomi dunia. Jokowi juga akan mengangkat isu Rakhine State di Myanmar.

“Selain menghadiri KTT ASEAN, Presiden Jokowi juga akan memimpin KTT ke-12 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Summit dan menghadiri pertemuan Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) Summit yang ke-13,” kata Bey.

Sebelumnya, Jokowi juga telah melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa pimpinan negara ASEAN, di antaranya dengan PM Thailand Prayut Chan-o-cha, State Counsellor Myanmar Aung San Suu Kyi, dan PM Viet Nam Nguyễn Xuân Phúc.

Malam nanti, Jokowi rencananya juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte.