Kelebihan Bahasa Indonesia Di Mata Dunia

Kelebihan Bahasa Indonesia Di Mata Dunia – Bahasa Indonesia sudah lama didaulat sebagai bahasa persatuan di negeri ini. Seluruh rakyat Indonesia pastilah mengenal bahasa ini. Meskipun masih ada beberapa kalangan yang menganggap bahasa Indonesia masih kalah keren dibandingkan dengan bahasa lain seperti bahasa Inggris. Namun dibalik kesederhanaan bahasa Indonesia, ternyata menyimpan berbagai macam hal yang mungkin belum kamu ketahui. Bersiap-siaplah untuk berbangga, karena fakta-fakta berikut ini nyata pada bahasa Indonesia. Check this out!

1. Salah Satu Bahasa yang Paling Populer di Australia

Di Negara sebelah, tepatnya di Australia, bahasa Indonesia menduduki peringkat keempat bahasa paling popular yang sering digunakan di Negara tersebut. Lebih dari 500 sekolah dasar yang turut serta mengajarkan bahasa Indonesia di dalam materi ajar mereka. Bahkan di beberapa universitas juga menyediakan mata kuliah khusus yang mengajarkan berbahasa Indonesia. Jika kamu berkunjung ke negeri Kangguru ini jangan heran jika akan kamu temui banyak orang yang bisa berbahasa Indonesia.

2. Merupakan 10 Besar Bahasa yang Paling Banyak Dipakai

For your information, bahasa Indonesia ternyata juga dipelajari di lebih dari 45 negara di seluruh dunia. Tidak hanya di Australia saja, namun di berbagai Negara lainnya turut serta mengajarkan bahasa ini ke penduduknya. Beberapa Negara diantaranya adalah jepang, Vietnam, Mesir, Italia, dan tentunya Australia. Rekor mencatat bahwa bahasa Indonesia juga masuk ke peringkat 10 besar bahasa yang paling banyak dipakai di seluruh dunia.

3. Pusat Study Indonesia ternyata ada di Afrika

Mesir, sebagai Negara yang terletak di Afrika ternyata menjadi salah satu Negara yang paling concern dalam mengembangkan bahasa Indonesia. Belum lama ini, Negara yang terkenal akan Piramidnya ini baru saja membangun Pusat Study Indonesia. Terletak di Suez Canal University, hamper semua aspek yang berkaitan dengan Indonesia bisa dipelajari disini mulai dari ideology, politik, ekonomi, pertahanan, bahkan sosial budayanya.

4. Tidak Hanya di Mesir, di Jepang-pun ada Pusat Study Indonesia

Sebagai salah satu bekas penjajah, wajar jika Jepang memiliki akar budaya yang mirip dengan Indonesia. Ternyata Jepang juga memiliki Pusat Study Bahasa Indonesia. Didirikan oleh Nihon-Indonesia Gakkai atau Perhimpunan Pengkaji Indonesia Seluruh Jepang, pusat study bahasa ini didirikan sejak tahun 1969. Beberapa universitas ternamapun sudah mulai mengajarkan bahasa Indonesia di pelajaran mereka. Ada kurang lebih 20 universitas yang sudah mengajarkan bahasa Indonesia. Bahkan di tahun 1992 sudah mulai diberlakukan uji kemampuan berbahasa Indonesia. Tercatat sudah lebih dari 12.500 orang peserta turut berpartisipasi dalam uji kompetensi bahasa Indonesia tersebut.

5. Bahasa Prioritas di Vietnam

Vietnam merupakan Negara tetangga Indonesia yang sangat menghormati bahasa Indonesia. Terbukti dengan adanya peraturan pemerintah yang mensejajarkan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi Negara mereka sejajar dengan bahasa Inggris, Perancis, dan Jepang. Di tahun 2007, pemerintah Ho Chi Minh City menetapkan bahwa bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi kedua setelah bahasa Vietnam itu sendiri.

Ternyata banyak Negara yang mengagumi bahasa Indonesia yang sudah setiap hari kita pergunakan ini. Patutlah kita berbangga hati karena Bahasa Indonesia di mata dunia ternyata sangat dikagumi dan juga dihormati. Kita terkadang justru menjelek-jelekkan bahasa Indonesia dengan berbicara atau berbahasa tidak sesuai dengan EYD. Malah ada yang bangga dengan bahasa ngawurnya yang justru diekspos di media televisi. Sebelum terlambat, ada baiknya mulai sekarang mari kita belajar untuk berbahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah berbahasa ya.