Perkembangan Perekonomian Indonesia

Perkembangan Perekonomian Indonesia – Perkembangan ekonomi negara Indonesia di mata dunia saat ini memang lebih baik jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin meningkatnya daya beli masyarakat akan beberapa barang tertentu, dan meningkatnya pendapatan masyarakat per kapita walaupun masih dalam skala kecil.

Namun, demikian dapat dilihat tidak semua hal mengalami peningkatan, masih ada beberapa hal yang memiliki hubungan dengan ekonomi Indonesia yang mengalami penurunan. Hal tersebut dinilai wajar, karena sebuah pertumbuhan ekonomi tidak hanya dapat dilihat dari 1 bidang saja, melainkan dapat dilihat dari berabgai macam bidang. Selain itu beberapa aspek atau bidang lain juga turut andil untuk masalah perkembangan ekonomi Indonesia ini, seperti aspek sosial politik, aspek keamanan negara dan berbagai macam aspek lainnya.

Perkembangan Indonesia di Tahun 2015

Jika dilihat dari perkembangan Ekonomi Indonesia pada tahun 1998, semua orang pasti tahu bahwa ekonomi Indonesia mengalami keterpurukan, akibat serangan ekonomi dari berbagai macam pihak. Namun hal itu yang kemudian membuat orang kembali berpikir untuk meningkatkan tarap ekonomi Indonesia agar lebih baik dan kembali meningkat seperti beberapa tahun sebelumnya.

Hal tersebut berhasil dilakukan tahap demi tahap, dengan memperbaiki dan membangun berbagai macam infrastruktur baru, membenahi berbagai macam aset Negara, peningkatan tenaga kerja yang berkualitas, ketersediaan bahan pangan, devisa negara, dll.

Pemerintah juga tidak tinggal diam, dengan dikemasnya berbagai macam hal untuk dapat memajukan perkembangan ekonomi Indonesia seperti membangun berbagai macam infrastruktur yang tentunya dapat menunjang perekonomian Indonesia seperti bandara, beberapa objek wisata yang mempunyai nilai jual tinggi, perbaikan taraf pendidikan masyarakat Indonesia, dan berbagai macam hal lainnya.

Di bidang perbankan juga demikian demikian diperbaiki berbagai macam suku bunga dan berbagai macam hal lainnya, dan hal tersebut memang terbukti berhasil sedikit demi sedikit pertumbuhan Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Tapi walaupun demikian perjalanan perkembangan erekonomian Indonesia tidak selalu mulus, ada saja berbagai macam kendala yang ahrus dihadapi. Seperti nilai kurs rupiah yang teus mengalami penurunan, kurangnya investasi asing yang masuk ke Indonesia dan bebragai macma hal lainnya.

Hal tersebut seharusnya dinilai wajar, karena Indonesia bukan negara mandiri, dimana Negara ini juga harus tetap bergabung dan bergantung pada negara-negara lain untuk masalah ekonomi. Sebagai contoh ketika rupiah anjlok dari Rp 9.000 menjadi sekitar Rp 13.000 per Dollar. Ada banyak sekali aspek yang menyebabkan mengapa rupiah mengalami penurunan, seperti karena kurangnya kepercayaan asing terhadap pemerintahan Indonesia pada saat itu, berkurangnya nilai eksport Indonesia terhadap beberapa barang, dan berbagai macam alasan lainnya.

Pemerintah memang dinilai lambat dalam menangani masalah itu pada kala itu, akan tetapi memang pemerintah juga tengah berusaha menstabilkan kembali walaupun dinilai sangat terlambat.

Tahun 2015 kemarin perkembangan Indonesia juga dinilai baik dalam beberapa sisi, akan tetapi di sisi yang lain perkembangan Indonesia dinikai kurang memuaskan. Apabila dinilai secara global, dibandingkan dengan negara-negara lain dalam perkembangannya Indonesia memang dinilai lebih baik.

Rata-rata pertumbuhan ekonominya tergolong stabil dan taraf ekonominya naik walaupun sedikit demi sedikit dibandingkan dengan beberapa negara lainnya yang mengalami krisis keuangan yang cukup parah. Sedangkan dilihat dari beberapa sisi lainnnya seperti dari sisi mata uang, devisa dan juga nilai investasi memang belum cukup memuaskan. Pemerintah masih mempunyai banyak sekali pekerjaan rumah, seperti memperbaiki system devisa negara, memperbaiki nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar, dan berbagai hal lainnya.

Perkembangan Indonesia di Tahun 2016

Di awal tahun ini juga Indonesia masih mempunyai banyak sekali tugas yang masih belum terselesaikan seperti memperbaiki nilai suku bunga dan juga memperbaiki nilai tukar rupiah. Yang menjadi angin segar tahun ini adalah pemerintah kali ini tengah berupaya memperbaiki berbagai macam infrastruktur guna memperlancar program terbarunya yaitu memperbaiki dan meningkatkan 10 macam destinasi wisata yang ada di Indonesia menjadi bertaraf internasional.

Hal ini patut diacungi jempol, karena dengan diluncurkannya program ini diharapkan para wisman akan datang dan devisa Indonesia juga akan semakin membaik. Tidak hanya itu pemerintah juga tengah melobi berbagai macam investor asing untuk menginvestasikan uangnya pada beberapa perusahaan Indonesia yang mempunyai prospek bagus. Ada juga berbagai macam paket kebijakan ekonomi yang nantinya dapat digunakan untuk memperbaiki taraf ekonomi masyarakat negara ini.

Tentunya butuh proses yang tidak sebentar dan juga kerjasama dari berbagai macam pihak untuk dapat memmperbaiki system perekonomian negara ini, tidak hanya dari pemerintah saja, akan tetapi berbagai pihak seperti perbankan, investor, dan masyarakat tentunya harus ikut membantu proses pemulihan perekonomian Indonesia ini.

Perkembangan Indonesia di Mata Dunia

Namun demikian, walaupun di Indonesia sendiri system ekonominya masih sedikit naik turun, jika dilihat dalam skala global atau skala Internaional pertumbuhan perekonomian Indonesia mengalami perkembangan yang cukup baik, setahap demi setahap terus melampaui berbagai macam negara yang seharusnya mempunyai system perekonomian yang stabil.

Sebut saja beberapa negara di Asia yang tergolong mempunyai ekonomi maju seperti Singapura yang masuk ke dalam ranking 38 dan Hongkong yang masuk ke posisi 41 dan juga Korea Selatan yang masuk ke posisi 13 besar. Beberapa negara Di Eropa yang seharusnya mempunyai taraf perekonomian stabil juga ternyata saat ini dinilai kurang stabil terbuki dengan Inggris yang berada di peringkat 10 besar dan disusul oleh Perancis yang masuk ke 9 besar, dan beberapa negara eropa lainnya.

Saat ini Indonesia masuk ke posisi 8 besar rangking dunia, mengalahkan beberapa negara lainnya. Tentunya ini adahal hal yang patut dibanggakan, di tengah banyaknya masalah perekonomian yang harus diselesaikan.

Bahkan jika system pemerintahan tetap stabil dam system perekonomian Indonesia masih tetap stabil bukan tidak mungkin beberapa waktu ke depan peringkat Indonesia akan jauh lebih baik lagi, terus naik dan mencapai tahap kemakmuran.

Dalam rangking tersebut Indonesia menang masih kalah dengan beberapa negara dengan taraf ekonomi yang sangat baik seperti Amerika Serikat, China, India, dan juga Jepang. Negara-negara ini memang mempunyai taraf perekonomian yang cukup makmur karena system devisa dan juga sistem keuangannya memang sudah tersusun secara rapi.

Sedangkan Indonesia yang notabene masih terus mengembangkan kemampuannya tentunya mempunyai kesempatan yang cukup baik, dan secara tidak langsung tentunya ini juga menjadi pekerjaan rumah ayng baru bagi pemerintah untuk tetap dan terus melakukan pembenahan diri untukdapat membuat perekonomian Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Jika hal ini dapat dilakukan bukan tidak mungkin, di tahun 2030 mendatang posisi Indonesia dalam ranking di Wold Bank meningkat pesar hingga ke 5 besar dan bahkan dalam tahun-tahun berikutnya akan mencapai 4 besar. Semoga rencana ini akan dapat berjalan dengan baik, demikianlah ulasan mengenai perkembangan ekonomi Indonesia di mata dunia, semoga dapat menambah inspirasi dan informasi untuk semua.