Rekomendasi Tempat Makan Sekitar Malioboro

Indonesiawowbanget.web.id – Wisata kuliner di Yogyakarta memang sangat mengasyikkan. Selain berwisata kuliner mencoba tempat makan hits di Jogja, kita juga menjajal kuliner yang dijual di sekitar Malioboro. Sebagai salah satu destinasi wisata saat berada di Yogyakarta, Malioboro sangat ramai dipenuhi oleh para pedagang, mulai dari pedagang baju, oleh-oleh, lukisan, sampai dengan makanan. Jika Anda berjalan-jalan di Malioboro, jangan lewatkan beberapa tempat makan sekitar Malioboro yang paling recommended ini. Tempat makan yang akan kami review berikut ini akan membuat Anda jadi lebih kangen dengan Jogja!

Tempat Makan Sekitar Malioboro

1. Gudeg Yu Djum
Membuka daftar tempat makan sekitar Malioboro yang terbaik, Keluyuran ingin merekomendasikan Gudeg Yu Djum. Rasanya belum lengkap jika ke Yogyakarta tanpa menyantap makanan khasnya, yakni gudeg. Yang membuat gudeg ini lebih nikmat dan berbeda dari gudeg-gudeg lainnya adalah cara pengolahannya yang masih menggunakan tungku dan kayu bakar. Apalagi gudeg kering ini disajikan dengan lauk yang lengkap, seperti ayam, daging, telur, ampela ati, dan sambal krecek. Lokasi Gudeg Yu Djum berada di Jalan Dagen No. 2C, Malioboro.

2. Soto Ayam 61
Yang satu ini juga kuliner legendaris yang berada di sekitar Malioboro, yakni Soto Ayam 61. Depot soto ayam ini ternyata sudah buka sejak tahun 1976, lho. Dan sampai saat ini citarasanya pun tidak berubah, tetap enak seperti dulu.

Seporsi soto ayamnya juga sangat murah, yakni sekitar 12 ribuan saja. Anda dapat menikmati soto ayam yang lezat ini dengan tambahan lauk berupa sate-satean, telur kecap, dan otak goreng. Soto Ayam 61 ini selalu ramai dipadati pengunjung. Alamat Soto Ayam 61 di Jalan Ahmad Yani No. 61, Gondomanan.

3. Pecel Senggol
Pagi-pagi enaknya sarapan pecel nih! Nah, jika Anda ingin mencari pecel enak di sekitar Malioboro, datang saja ke Pecel Senggol yang lokasinya berada persis di depan pintu masuk Pasar Beringharjo. Mengapa dinamakan Pecel Senggol? Karena tempatnya sempit sehingga orang-orang yang mengantri harus bersenggolan satu sama lain. Sayuran pecel di sini sangat lengkap dan bumbu kacangnya pun sangat enak. Apalagi pilihan lauknya juga sangat beragam. Makan pecel di sini benar-benar puas dan mengeyangkan. Anda harus mencoba pecel yang terkenal di kawasan Malioboro ini ya!

Baca Juga : Beberapa Tempat Wisata Alam Jogja ini Instagramable Abis

4. Angkringan Lek Man
Angkringan adalah salah satu tempat makan sekitar Malioboro yang wajib untuk dikunjungi. Rasanya tidak afdol jika kita ke Yogyakarta tanpa makan di angkringan. Di antara beberapa pilihan angkringan di Malioboro, satu yang paling terkenal adalah Angkringan Lek Man.

Meskipun tempatnya tidak terlalu besar, tetapi dagangan di Angkringan Lek Man ini sangat lengkap, mulai dari sego kucing (nasi kucing), sate-satean, gorengan, kopi, wedang jahe, dan susu. Yang membuat kita merasa puas adalah harganya yang sangat murah meriah. Angkringan Lek Man ini lokasinya hanya berjarak 700 meter dari Malioboro, tepatnya di Jalan Wongsodirjan, sebelah utara Stasiun Tugu.

5. Lumpia Samijaya
Anda pasti setuju jika Keluyuran mengatakan bahwa makanan di Jogja ini sangat ramah dengan isi dompet kita. Ya, makanan-makanan di kota pelajar ini sangat murah meriah, sehingga kita bisa berwisata kuliner ke tempat-tempat makan dalam jumlah banyak. Salah satu tempat kuliner di kawasan Malioboro yang harus dijajal adalah Lumpia Samijaya. Di saat toko kue lain menjual lumpia seharga 10 ribuan, di sini Anda bisa membeli lumpia dengan harga di bawah 5 ribu. Meskipun harganya murah, tetapi lumpia di sini enak dan banyak pengunjung yang datang untuk membeli lumpia. Lokasi Lumpia Samijaya cukup mudah ditemukan karena berada di depan toko ponsel Samijaya yang berbatasan langsung dengan Hotel Mutiara Malioboro.