Sneakers Bagian Budaya Hiphop Indonesia

Indonesiawowbanget.web.id Hip hop adalah salah satu genre musik di Indonesia,dengan irama dan lirik yang senada dan selaras terciptalah budaya Hip Hop. Aliran musik ini cenderung diisi oleh penyanyi-penyanyi hype yang memiliki cara berpakaian yang tergolong nyentrik. Salah satunya cara menggunakan sepatunya.

Perkembangan budaya hip-hop dan sneakers di Indonesia nampaknya terus berjalan seirama. Fenomena ini pun seperti mewabah hingga ke Tanah Air. Hal ini diakui dan dirasakan langsung oleh musisi yang bersentuhan langsung dengan budaya tersebut, Iwa K.Rapper senior tersebut mengakui adanya perubahan masyarakat dalam menyikapi sneakers yang terus berkembang. Hal ini ia ungkapkan usai mengguncang pengunjung Urban Sneakers Society (USS) di District 8 SCBD, Jakarta Selatan.

“Gua selalu suka acara sneakers kaya gini ya. Artinya sneakers bukan cuma sebuah produk tapi emang udah jadi budaya lifestyle dan positif untuk Indonesia buat gua ya. Sekarang nabung bukan cuma buat beli minuman aja tapi juga buat beli sepatu hahaha,” ucapnya.

Baca Juga : Budaya Asegeboy Berhasil Menyebar

1. Objek Positif
“Maksudnya ada objek positif buat anak muda. Dan apalagi sneakers dan hip hop jadi lifestyle yang ngga bisa dipisahin ya,” sambungnya lagi.Lebih lanjut, rapper yang telah berkarya sejak 1993 ini melihat perkembangan dunia sneakers semakin besar. Menurutnya, sneakers yang menjadi bagian dari street wear, sudah menjadi gaya hidup masyarakat saat ini.

“Sneakers memang satu kelompok kecil aja nih, walaupun itu budaya urban ya. Tapi yang bikin gua suka, ini semakin bigger and bigger,” kata Iwa K.

2. Tak Harus Brand Tertentu
“Maksud gua, di sini orang ngga harus brand tertentu, tapi brand lokal juga. Terutama street wear ya, baju, kaos, dan merchandise. Sekarang orang udah ngga gengsi. Lifestyle udah pindah ke situ,” ucapnya.
Meskipun begitu, nayatanya Iwa K bukanlah seorang sneakers enthusiast (pecinta sneakers). “Gua sih yaa so so lah. Kalo dari 100% paling gua 60%. Akhirnya itu emang barang pakaian gua aja.”

Gimana? Budaya Hip Hop yang dikolaborasi dengan para pecinta sneakers adalah salah satu isolator yang positif bukan untuk kemajuan budaya hip-hop di Indonesia ‘kan?